Mengenal Perangkat Jaringan

Hallo Guys, udah lama banget rasanya ga nulis disini, mungkin karena semangat lagi down belakangan ini. Tapi I’m come back !!! Kembali belajar lagi, semangat lagi, berbagi lagi, yeay !!! Now we will discuss a nice topic with a nice animation. Ya, karena pada tulisan ini saya akan sertakan beberapa animasi untuk memperjelas pemahaman kita semua he he he. Okay, topik kita kali ini adalah Mengenal Perangkat Jaringan. So, enjoy the meal :p

Pada pembahasan sebelumnya, kita telah banyak menyinggung tentang perangkat jaringan yang sering digunakan, baik dalam jaringan LAN maupun WAN. Sekarang kita akan mencoba untuk memahami bagaimana prinsip kerja dari perangkat-perangkat jaringan tersebut.

1.HUB

Hub adalah perangkat jaringan yang bekerja pada layer 1 referensi OSI. Hub berfungsi sebagai konsentrator, jika informasi dikirim ke host target melalui hub, maka informasi akan mengalir ke semua host yang terhubung dengan hub tersebut. Hal ini menyebabkan beban trafik yang tinggi, sehingga biasanya Hub hanya digunakan pada jaringan yang berskala kecil. Selain Hub, ada perangkat jaringan yang serupa namun tidak memiliki banyak port, yaitu Repeater. Repeater berfungsi  sebagai penguat sinyal sehingga dapat memperluas area jaringan. Penguatan sinyal ini juga dilakukan oleh Hub. Mengingat jumlah port yang dimiliki hub cukup banyak, maka hub sering disebut multiport repeater. Saat ini repeater sudah jarang digunakan karena fungsinya telah tergantikan oleh Hub. Animasi yang menggambarkan cara kerja Hub dan Repeater dapat dilihat pada video di bawah ini :

 

2. BRIDGE

Bridge merupakan perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan dua buah segmen LAN, hanya dua buah, jika lebih harus menggunakan switch (multiport bridge). Tujuannya adalah untuk mengurangi trafik sehingga bisa menghasilkan performa jaringan yang lebih baik. Bridge bekerja dengan membatasi trafik antar segmen. Bridge dapat mengetahui apakah informasi (frame) ditujukan untuk host yang satu segmen atau berbeda segmen. Jika frame ditujukan untuk host yang satu segmen, maka bridge akan meneruskannya ke host tersebut dan menutup jalur ke segmen lain, jika frame tersebut ditujukan untuk host di segmen yang lain, maka bridge akan membuka akses ke segmen lain dan meneruskannya ke host tujuan.  Berikut animasi yang dapat menjelaskan cara kerja Bridge :

 

3. SWITCH

Switch adalah perangkat yang sering digunakan dalam membangun jaringan, yang berfungsi sebagai sentral atau konsentrator pada sebuah jaringan. Switch bekerja pada layer 2 referensi OSI dengan mempelajari alamat hardware (MAC Address) host tujuan, sehingga informasi bisa langsung dikirimkan ke host tersebut. Cara kerja switch mirip dengan bridge, karena memang switch adalah multiport bridge. Switch yang lebih cerdas dapat mengecek frame yang error dan dapat mem-blok frame yang error tersebut. Cara kerja Switch secara sederhana dapat dilihat pada animasi berikut :

 

4. ROUTER

Router sering digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan/network, baik yang menggunakan teknologi yang sama atau berbeda. Router juga digunakan untuk membagi network besar menjadi beberapa buah subnetwork (network-network kecil) yang disebut dengan subnetting. Pembagian ini akan berdampak baik pada performa jaringan karena tidak ada trafik yang membanjiri network. Sebuah Router mempunyai kemampuan routing, yaitu router dapat mengatahui kemana rute perjalanan informasi (paket) akan dilewatkan. Apabila paket tersebut ditujukan untuk host yang berada dalam satu network, maka router akan menghalangi paket-paket tersebut keluar, namun apabila paket tersebut ditujukan untuk host yang berada pada network yang berbeda maka router akan meneruskan ke network yang lain dan menyampaikan ke host tujuan.  Router bekerja pada layer 3 referensi OSI, dengan menggunakan teknologi IP, mencatat alamat IP setiap host dalam network  dan menggunkannya untuk fungsi routing. Berikut animasi yang menggambarkan cara kerja Router :

 

Gimana guys? Sudah cukup jelas kan tentang cara kerja perangkat jaringan Hub, Bridge, Switch dan Router? Ohya, referensi tulisan saya kali ini adalah dari Buku Cisco CCNA & Jaringan Komputer Iwan Sofana, dengan sedikit-banyak improvisasi hehehe. Animasi juga saya ambil dari aplikasi Simco Bapak Iwan Sofana :) Terimakasih atas kesediannya berbagi Pak. Okay, semoga tulisan saya kali ini bisa bermanfaat yaa, dan sampai jumpa di tulisan berikutnya!! Have a good day :)

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *