Happy International Women’s Day ! Cerita dari Buka Talks

Haloooo, selamat hari Jum’at dan selamat menjelang weekend yang mengasikkan yah guuuyys :) rencananya setelah suami berangkat kerja ke kantor aku mau lanjut belajar ruby de el el tapi ternyata harus ngepel, jemurin baju (karena malemnya udah aku cuci tinggal jemur aja) dan ngisi token listrik. Sepele banget yaak tapi bikin mager abis itu dan malah nge-blog kaya sekarang hehehe gapapa deh yang penting happy 😀

Oh ya kemaren tanggal 8 Maret diperingati sebagai International Women’s Day, dimana aku sebagai seorang perempuan ikut memeriahkan doong, salah satunya dengan dateng ke acara Buka-Talks yang diadakan oleh Bukalapak kemarin dari jam 19.00 sampai 20.30. Ada 3 pembicara di acara itu yang semuanya adalah perempuan. Motivasi tebesar adalah pengen liat Mbak Yunita Anggraeni (COO dan CO-Founder GeekHunter) ngasih talk disitu. Dua lainnya adalah Mbak Fitriana Wibowo (Senior Product Manager BL) dan Ika Zain (VP Growth Amartha).

WhatsApp Image 2018-03-09 at 13.23.56 (1)
*Ketiga Pembicara BukaTalks dengan kekecean yang hqq

Tepat jam 19.00 acara dimulai dan kebanyakan audience-nya adalah perempuan hehehe. Kebetulan Mbak Anggra ngasih talk pertama tentang Find Your Talent, dia menjelaskan adanya gap antara perusahaan dan pelamar kerja khususnya di bidang IT, perusahaan susah cari tenaga kerja IT dan pelamar kerja susah mendapatkan pekerjaan. Masalahnya adalah sesimple pelamar kerja tidak memenuhi requirement perusahaan. Mbak Anggra ini aku bilang awesome banget deh, aku yang cewe aja suka sama dia, apalagi cowo yaa >,< udah cantik, cerdas dan attitude-nya menyenankan gitu. Sekali liat suka deh pasti hahaha. Ada satu kalimat eh beberapa kalimat yang ngena banget di posisi aku saat ini.

Sedikit curcol yee, waktu barusan menikah aku kan masih kerja dan LDR an sama suami, ada satu sisi yang gak balance gitu, kaya merasa menelantarkan suami, udah nikah tapi suami ga keurus, ya gimana sih rasanya dua minggu sekali ketemu dan cuma Sabtu Minggu trus pisah lagi, kaya ada yang ga pas gitu. Akhirnya kami memutuskan untuk aku berenti kerja dan fokus ngurus suami. Dalam hati yang paling dalam saat itu aku merasa senang dan antara senang dan sedih, nah loh. Seneng karena bisa tinggal bareng sama suami dan ngurus suami, dan antara senang dan sedih karena akhirnya bisa melepas sejenak beban ngoding yang membuat pusing dan penuh tekanan tapi juga sedih karena harus meninggalkan dunia yang baru aja aku sukai. Gimana yaa aku tuh antara suka gak suka gitu sama ngoding HAHAHA.

Tapi semakin kesini panggilan alam itu emang nyata, panggilan alam -___- eek kali panggilan alam. Aku jadi pengen ngoding lagi, mulai ter-mindset kalo aku tuh pengennya lebih ke ngoding, engga jemur-jemur baju hahaahhaa engga diing ini becanda, aku suka jemur baju kalo itu punya suami, karena itu jalan ke surga hehehe, apa banget, ga nyambung deh. Jadi gitu, aku inget, aku terpukul banget liat banyak orang-orang produktif diluar sana, aku ga menganggap kalo Ibu yang dirumah dan mengurus rumah tangganya itu ga produktif yaa, tapi dalam case-ku, aku pikir aku bisa lebih dari ini, toh sekarang kami masih berdua, which is kalo suami pergi kerja aku punya banyak waktu luang untuk belajar sesuatu. Dan aku juga menyadari kalo suamiku itu bukan bayi yang segalanya harus aku layani sedetail-detailnya, jadi bukan alasanku untuk fokus ke suami tapi malah menghambat potensiku sendiri. Suamiku selama ini juga sangat mendukung dengan kemauanku ini, asalkan kebutuhannya (akan makanan) terpenuhi hahaha. Yaa gitu deh intinya.

WhatsApp Image 2018-03-09 at 13.23.55 (2)
*Pembicara pertama, Yunita Anggareni Co Founder dan COO GeekHunter

Jadi apa kalimat yang ngena banget yang dikatakan oleh Mbak Anggra? ini dia. Sebagai seorang perempuan kita bisa memilih menjadi Superstar dan Rockstar, tergantung timing-nya. Apa itu Superstar? yaitu yang karirnya melejit ke atas, belajar trus, ngejar karir terus sampai ke puncak. Sedangkan Rockstar ya yang tetap stabil di posisi tertentu tetapi dengan tetap improve walaupun sedikit. Kadang sebagai perempuan dengan berbagai macam cabang pikiran, rumah tangga, suami, anak, kerja, is okey to be a Rockstar, stabil dulu, kalem dulu jangan ego di kerjaan. Dan suatu saat di timing tertentu ketika keluarga dan kerjaan udah seimbang its time to be a Superstar, itu Mbak Anggra yang bilang gitu. Makasih ya Mbak Anggra kau mengertiku hiks. ha ha ha ha lebayy

Beralih dari Mbak Anggra, pembicara kedua adalah Mbak Fitriana Wibowo, biasa dipaggil Mbak Pipit, dia bawain talk yang kurang lebih berisi how to manage team and have fun on work gitu lah. Cerita tentang pengalaman managerial di Bukalapak dan teknis segala macem proses kerja sebagai Product Manager. Aku pikir nih orang-orang bisa keren gini makannya apaan yaak, baru umur segitu udah jadi Senior Product Manager dan handle banyak orang dan banyak kerjaan gitu.

WhatsApp Image 2018-03-09 at 13.23.55 (1)
*Pembicara kedua, Fitriana Prabowo, Senior Product Manager BL

Pembicara ketiga atau yang terakhir adalah Mbak Ika Zain VP of Growth-nya Amartha, aku baru pertama kali tau Amartha kemaren malem. Jadi dia adalah p2p lending tapi unik, dia menjembatani antara donatur dengan peminjam dengan platform seperti marketplace. Jadi donatur bisa memilih akan membiayai siapa gitu. Lucuu kaan hihihii. Banyak audience yang penasaran sama Amartha ini tapi aku paling penasaran gimana dia dan donatur dapet untungnya siih. Kalo liat dan denger bisnis prosesnya bagiku itu adalah lumayan ribet, setipe sama Ruma, targetnya adalah masyarakat pedesaan bahkan desanya pedesaan alias pelosok yang tidak tersentuh layanan perbankan konvensional. Amartha ini aku nilai sebagai startup yang bernilai sosial tinggi, berfilosofi dan penuh dengan kearifan lokal (ceeileeeh). Selain bisa berinfestasi, donatur juga bisa bantu banyak Ibu-Ibu. Karena ketika kita empowering 1 Ibu kita bisa empowering 1 keluarga. Mannntaapps yang penasaran juga sama Amartha, silakan cek web-nya disini

WhatsApp Image 2018-03-09 at 13.23.55
*Pembicara ketiga, VP of Growth Amartha, Ika Zain

Setelah selesai talk dari Mbak Ika Zain, selesai jugalah acara Buka-Talks malam itu. Cukup menginspirasi dan membuka banyak wawasan, bakal dateng lagi deh kalo pas ada tema yang cocok hehehe. Return value (set daah istilahnya) dari acara Buka-Talk adalah aku mulai kepoin mereka bertiga yang emang kece abis hahhaa

Oh ya ada satu hal yang pengen banget aku sampaikan di sini, jadi aku emang orangnya kalau sedang interest dengan sesuatu suka share di media sosial, bagiku dengan share apa yang menjadi interest kita di media sosial adalah personal branding yang gratis lhoo. Oiya geek hunter yang professional recruiter aja cari referensi bukan cuma di satu tool seperti linked in aja loh, tapi juga di berbagai macam tools lainnya kadang sampe ke media sosial. So, jangan sungkan share hal-hal positif di media sosial yah 😉 Ini ada kutipan bagus dari caption instagram-nya Ika Natasha (anak instagram banget ye)

The first key to success is showing up.
You’re a job seeker looking for a job? If there’s an opening, show up.
An actor looking for a role, if there’s an audition, show up.
A creator looking for opportunities, use any social media platform to showcase your works, that’s showing up.
You want to be a writer? Send your manuscript to the publisher, that’s showing up.

Okaay kayaknya cukup yaah ceritanya di hari ini, selamat menyambut weekend ! Happy International Women’s Day !

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *